Catatan Harian AYU yang dituangkan dalam Sebuah Blog. Terutama Pengalaman dalam keseharian termasuk informasi perbankan dan keuangan.

Monday, November 21, 2016

Perbedaan Bank Syari'ah Dengan Bank Konvensional Yang Perlu Anda Tahu

Perbedaan Bank Syari'ah Dengan Bank Konvensional Yang Perlu Anda Tahu - Hallo sahabat Blog AYU., Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Perbedaan Bank Syari'ah Dengan Bank Konvensional Yang Perlu Anda Tahu, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Perbankan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Perbedaan Bank Syari'ah Dengan Bank Konvensional Yang Perlu Anda Tahu
link : Perbedaan Bank Syari'ah Dengan Bank Konvensional Yang Perlu Anda Tahu

Baca juga


Perbedaan Bank Syari'ah Dengan Bank Konvensional Yang Perlu Anda Tahu

Bank Syari'ah Vs Bank Konvensional- Saat ini Banyak orang belum mengerti perbedaan antara bank syariah dan bank konvensional meskipun ada sebagian yang sudah menggunakan kedua Bank tersebut. Itu dikarenakan banyak orang sulit memahami beberapa istilah baru yang digunakan oleh bank syariah dibandingkan dengan bank konvensional dan hanya sekedar fokus untuk menggunakan layanan Bank dan tidak ada keinginan untuk lebih tahu mengenai sistem kedua perbankan.

Sebetulnya jika anda cermati perbedaan bank syariah dengan bank konvensional ini terletak pada istilah yang digunakan dan prinsip dasar layanan kedua Bank di Indonesia, Di dua hal inilah sering membuat orang kebingungan dalam memahaminya. Untuk itu agar lebih tahu sedikit tentang perbedaan kedua jenis bank tersebut.

Perbedaan Bank Syari'ah Dengan Bank Konvensional  perbedaan bank syariah dengan bank konvensional pdf perbedaan bank syari ah dengan bank konvensional perbedaan bank syariah dengan bank konvensional serta hukumnya perbedaan bank mandiri syariah dengan bank konvensional perbedaan bank syariah dengan bank umum lainnya artikel perbedaan bank syariah dengan bank konvensional

Berikut hal yang perlu Anda ketahui dan perhatikan tentang Perbedaan bank syariah dan Bank Konvesional:

1. Akad
Untuk Bank syari'ah untuk Semua transaksi (akad) yang dilakukan harus sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah Islam, dengan berdasar Al-Qur’an dan Hadist dan telah difatwakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sedangkan bank Konvensional semua trasaksi sudah ada ketentuan yang ditetapkan oleh pihak bank yang dilandasi pada hukum positif yang berlaku di Indonesia.

2. Keuntungan
Bank syariah mengunakan pendekatan dengan sistim bagi hasil untuk mendapatkan keuntungan, sedangkan untuk Bank konvensional menerapkan sistem bunga tetap atau bunga mengambang pada setiap pinjaman yang diberikan pada nasabah. Oleh karena itu, bank konvensional menganggap bahwa usaha yang dijalankan oleh nasabah akan selalu untung, dengan konsep biaya untuk menghitung keuntungan yang sudah ditentukan oleh pihak Bank. 

3. Pengelolaan Dana
Bank syariah akan menolak untuk menyalurkan kredit yang diinvestasikan pada kegiatan bisnis yang melanggar hukum Islam. Sedangkan Bank Konvensional menyalurkan kredit berdasarkan kesehatan usaha nasabah dan tidak melanggar hukum positif

4. Hubungan Bank dan Nasabah
Hubungan bank dengan nasabah juga menjadi faktor penting yang membedakan bank syariah dan bank konvensional. Di bank syariah, nasabah diperlakukan sebagaimana seorang mitra alias partner, sedangkan pada bank konvensional hubungan nasabah dan bank disebut kreditur dan debitur. 

Perlu anda ketahu juga, untuk Pengawasan Setiap sistem transaksi yang dilakukan bank syariah harus dibawah pengawasan Dewan Pengawas, di bank konvensional setiap sistem transaksi tidak diawasi selain oleh hukum positif. Itulah tadi perbedaan Bank Syari'ah dengan Bank Konvesional yang bisa anda ketahui, untuk lebih simplenya, Secara Garis Besar Bisa perhatikan pada tabel dibawah ini:

Bank Syari’ah Vs Bank Konvensional
No.
Bank Syari’ah (Bagi hasil)
Bank Konvensional (Sitem Bunga)
1.
penentuan besarnya resiko bagi hasil dibuat pada waktu akad dengan berpedoman pada kemungkinan untung dan rugi
Penerimaan suku bunga dibuat pada waktu akad dengan pedoman harus selalu untuk pihak Bank
2.
Besarnya nisbah bagi hasil berdasarkan pada jumlah keuntungan yang diperoleh
Besarnya persentase berdasarkan pada jumlah uang (modal) yang dipinjam
3.
Jumlah pembagian bagi hasil meningkat sesuai dengan peningkatan jumlah pendapatan bank
Jumlah pembayaran bunga bank tidak meningkat walaupun jumlah keuntungan bank mengalami meningkat
4.
Bagi hasil tergantung dari keuntungan yang dijalankan, namun jika kegiatan mengalami kerugian maka kerugian akan di tanggung bersama
Pihak bank menerima beban pembayaran bunga pada nasabah, meskipun kondisi keuangan bank tidak sedang tidak menentu

Secara umum kedua lembaga keuangan ini mempunyai cara kerja hampir sama hanya sedikti perbedaan. selebihnya tinggal anda sebagai nasabah menentukan mana yang lebih cocok untuk anda jadikan tempat kerjasama. Ulasan mengenai perbedaan bank syari'ah dan bank Konvensional hanya sebagai bahan pengetahuan dan gambaran mengenai sistim kerja bank.



Demikianlah Artikel Perbedaan Bank Syari'ah Dengan Bank Konvensional Yang Perlu Anda Tahu

Sekianlah artikel Perbedaan Bank Syari'ah Dengan Bank Konvensional Yang Perlu Anda Tahu kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Perbedaan Bank Syari'ah Dengan Bank Konvensional Yang Perlu Anda Tahu dengan alamat link http://ayumasaki.blogspot.com/2016/11/perbedaan-bank-syari-dengan-bank.html
Perbedaan Bank Syari'ah Dengan Bank Konvensional Yang Perlu Anda Tahu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: rafi