Catatan Harian AYU yang dituangkan dalam Sebuah Blog. Terutama Pengalaman dalam keseharian termasuk informasi perbankan dan keuangan.

Tuesday, November 15, 2016

Internet Banking, Keuntungan dan Kelamahannya

Internet Banking, Keuntungan dan Kelamahannya - Hallo sahabat Blog AYU., Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Internet Banking, Keuntungan dan Kelamahannya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel E-Banking, Artikel Internet Banking, Artikel Perbankan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Internet Banking, Keuntungan dan Kelamahannya
link : Internet Banking, Keuntungan dan Kelamahannya

Baca juga


Internet Banking, Keuntungan dan Kelamahannya

Keuntungan dan Kelamahan Internet Banking, Bagi sebagian orang terutama para pelaku bisnis Internet tentu sudah tidak merasa asing lagi dengan yang namanya Internet Banking atau biasa disebut E-Banking. Nanun tidak sedikit juga orang yang belum tahu apa itu internet Banking. Untuk itu versibaru.com akan memberikan sedikit penjelasan mengenai pengertian apa itu internet banking, agar semua tahu sebelum menggunakan layanan yang diberikan untuk mempermudah nasabahnya dalam bertransaksi Online.

Internet Banking adalah salah satu layanan perbankan yang menggunakan teknologi komunikasi dan informasi untuk mempermudah nasabah dalam bertransaksi contohnya layanan mobile banking seperti transaksi menggunakan handphone dan seperti atm, biasa disebut dengan telepon banking dan sms banking. Selain internet banking ini masih banyak lagi istilah yang ada dan sudah banyak dikenal luas tentang layanan mudah ini, seperti contohnya  M-Banking dan juga SMS Banking. 

Untuk perbedaannya hanyalah dari sistem pada pengoperasiannya, M-Banking menggunakan menu ataupun kata lain kita tinggal klik ataupun memilih menu untuk melakukan transaksi sementara, apabila SMS banking konsepnya kurang lebih hampir sama dengan M-Banking tetapi pengoperasiannya melalui sms dengan mengetikkan perintah yang formatnya sudah ditentukan oleh pihak bank.
Pengertian internet banking pengertian internet banking menurut para ahli pengertian internet banking bri pengertian internet banking adalah pengertian internet banking pdf pengertian internet banking dan contohnya pengertian internet banking mandiri pengertian internet banking bca pengertian internet banking bni pengertian internet banking dan keuntungannya pengertian internet banking wikipedia pengertian layanan internet banking

Keamanan Menggunakan Internet Banking

E-banking istilah untuk Internet Banking telah mempunyai keamanan yang sangat baik sekali, karena pengamanannya terdiri dari dua lapis yaitu Password/Key dan PIN.

1.Password
Lapisan yang pertama untuk kemanan trasaksi menggunkan E-banking, seperti jika anda ingin masuk ke akun Internet Banking, jika anda lupa pasword ataupun salah saat memasukkan password yang benar, maka anda tidak akan bisa masuk lagi kedalam akun tersebut, karena ini bertujuan untuk kemanan akun anda agar terhindar dari kejahatan orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Key
Lapisan yang kedua ini bertujuan disaat anda akan melakukan transaksi, maka anda akan diminta untuk memasukkan key yang terdiri dari 6 Digit. Key ini akan berubah-ubah jika anda ingin melakukan transaksi, karena ini bertujuan agar trasaksi anda aman dan selalu memasukan key baru jadi orang lain tidak bisa tahu apa Key yang anda punya.

Untuk kedua keamanan tersebut, bisa dibilang sudah sangat aman sekali untuk mengamankan akun Internet Banking anda, Kegunaan key sendiri untuk menjaga apabila ada seseorang yang telah mengetahui password yang anda miliki, itu masih aman karena selama iaorang tersebut tidak memiliki alat fisik untuk menggenerate key disaat akan bertransaksi.

Apa saja fasilitas Internet Banking, saat ini sudah banyak Bank yang memiliki layanan Internet Banking, terutama bank-bank besar  di Indonesia yang menerapkannya layanan ini, diantaranya adalah:

  • Bank BNI dengan layanan BNI Internet Banking, BNI Mobile Banking;
  • Bank BRI dengan layanan mbanking bri, bri mobile,bri mobile banking;
  • Bank Mandiri dengan layanan Mandiri Internet Bisnis, Mandiri Internet Banking;
  • Bank BCA dengan layanan BCA mobile, BCA Internet Banking,klikBCA;

Bagi anda yang ingin menggunakan layanan tersebut bisa langsung datang ke bank yang bersangkutan untuk mengetahui cara daftar internet banking atau cara mendaftar m banking sesuai dengan bank yang anda miliki agar kedepannya anda lebih mudah bertrasaksi, tidak perlu repot lagi harus menunggu antrian pandang di depan teller bank.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, walaupun internet banking ini keamananya yang dilakukan oleh pihak bank sudah berlapis-lapis, tetap saja sebagai penggunana layanan ini juga berperan penting terutama untuk tetap menjaga kerahasiaan password akun internet Banking anda dengan sebaik mungkin, jangan biarkan orang lain mengetahuinya.
Keuntungan Menggunakan Internet Banking

Di jaman yang semakin canggih seperti saat sekarang ini, Manfaat smartphone atau telpon pintar bukan hanya digunakan untuk alat komunikasi selain mudah mengakses internet juga banyak digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas lainnya, salah satunya sebagai alat untuk media transaksi yang meerupakan Salah satu fasilitas yang diberikan bank pada nasabahnya yaitu internet banking. 

Internet banking menggunakan layanan internet untuk memudahkan para nasabah bank, terutama bagi mereka yang sering melakukan transaksi perbankan untuk keperluan bisnis dan banyak lagi lainnya yang semua itu bisa menggunakan Smarphone. Dari semua kemudahan yang di tawarkan oleh pihat bank berupa internet Banking, sebenarnya apa saja keuntungan menggunakan internet banking yang perlu anda ketahu sebelum memutuskan menggunakan layanan internet banking ini.

Keuntungan Menggunakan Internet Banking Bagi Nasabah

Banyak bank-bank di Indonesia yang sudah menggunakan layanan internet banking untuk mempermudah nasabahnya. Bank-bank tersebut diantaranya seperi bank BCA, bank Mandiri, BRI, dan bank-bank lainnya. Berikut keuntungan menggunakan internet banking untuk anda ketahui

Melakukan Transfer Uang

alah satu keuntungan menggunakan fasilitas internet banking yang pertama adalah kemudahan dalam melakukan transfer uang. Dengan menggunakan layanan internet banking nasabah akan lebih mudah dan tak perlu repot pergi ke ATM dalam melakukan transfer uang non tunai. Anda cukup login melalui situs resmi bank kemudian memilih layanan internet banking.

Masukan nominal yang akan ditransfer ke rekening tujuan Anda. Tak butuh waktu lama maka uang akan berpindah ke rekening tujuan. Dengan begitu segala transaksi akan lebih mudah termasuk transaksi online.

Mengecek Saldo dan Mutasi Rekening

keuntungan internet banking keuntungan internet banking bagi bank keuntungan internet banking bagi nasabah kecuali keuntungan internet banking mandiri keuntungan internet banking bagi pihak bank keuntungan internet banking pada nasabah keuntungan internet banking bagi perusahaan keuntungan internet banking bri keuntungan internet banking bca keuntungan internet banking bni keuntungan internet banking bagi konsumen keuntungan internet banking untuk nasabah keuntungan internet banking nasabah apa keuntungan internet banking

Keuntungan berikutnya adalah kemudahan dalam melakukan cek saldo dan juga mutasi rekening. Jika Anda ingin melihat atau sekedar mengecek saldo rekening maka tak perlu lagi namanya pergi ke ATM terdekat. Cukup dengan memanfaatkan koneksi internet dan smartphone Anda melalui internet banking. Selain cek saldo, Anda sebagai nasabah juga bisa melihat transaksi keuangan (mutasi rekening).

Melihat Informasi Kurs Mata Uang

Keuntungan internet banking yang keempat adalah dapat melihat atau mengetahui kurs mata uang setiap harinya secara resmi. Informasi kurs mata uang akan di update secara resmi setiap harinya melalui situs resmi bank. Dengan melihat situs resmi internet banking pada bank, maka Anda akan mengetahui jatuh naiknya mata uang rupiah terhadap dolar Amerika, dolar Singapura, dan banyak lagi.

Informasi Mengenai Kartu Kredit

Informasi mengenai tagihan kartu kredit, informasi saldo rekening, data transaksi, dan banyak lagi dapat Anda ketahui dengan menggunakan internet banking. Kartu kredit pastinya dikeluarkan oleh pihak bank yang bersangkutan. Untuk lebih jelasnya cara pembuatan kartu kredit Anda dapat menanyakan pada customer service bank tersebut.

Membeli Pulsa Elektrik

Keuntungan yang berikutnya adalah membeli pulsa elektrik. Anda dapat membeli pulsa elektrik untuk ponsel, listrik, atau modem. Pembelian pulsa elektrik dengan menggunakan internet banking didukung dengan berbagai operator seluler di Indonesia. Dengan begitu Anda tak perlu capek-capek pergi ke outlet pulsa hanya untuk membeli pulsa elektrik. 

Itulah beberapa keuntungan menggunakanlayanan internet banking, dan masih banyak lagi keuntungan lain yang didapat dari layanan tersebut. 

Perlu anda ketahui juga selain mempunyai keuntungan menggunakan Internet Banking, layanan ini juga memiliki kukurangannya yang perlu anda ketahui sebagai antisipasi kemanan dalam menggunakan layanan ini.  Langsung saja bisa anda baca berikut Kekurangan Menggunakan Internet Banking.

Kekurangan Menggunakan Internet Banking

Sebagai nasabah perlu waspada mengingat banyaknya terjadi pencurian data melalui internet dengan melalui berbagai macam teknik untuk menyusup menyusup yang biasa dikenal dengan istilah hacker. Hacker bisa saja menguras habis uang nasabah dengan berbagai cara. Karena itu, nasabah wajib mematuhi semua prosesdur penggunaan internet banking sehingga lebih aman 

Kejahatan dunia online selalu saja mengincar, jika anda kurang hati-hati dan teliti, bisa saja terjadi Pencurian data bisa melalui teknik skimming atau melalui modus penipuan dengan berbagai macam penawaran yang mengecoh nasabah. Jika akses internet yang dimiliki nasabah tergolong murah dan lancar, lebih disarankan memakai internet banking karena lebih menghemat banyak biaya. 

Namun, perangkat komputer harus tertanam perangkat lunak antivirus dan antimalware supaya terhindar dari cracking. Hindari penggunaan internet banking di layanan publik seperti warnet atau wifi gratis karena rawan tindakan penyadapan data nasabah.

Internet banking bisa dirasa tidak praktis bagi orang yang memiliki kegiatan yang sering mobile atau bepergian. Walaupun saat ini semua akses internet bisa diakses dengan smartphone ataupun gadget dengan sangat mudah, namun tetap saja bagi pengguna dengan mobilitas tinggi butuh penyesuaian fitur dalam mengakses internet banking melalui smart phone. 

Yang jelas mengakses internet banking menggunakan smartphone tentu tak senyaman saat anda menggunakan laptop (PC). Seperti yang kita ketahui pula bahwa banyak juga kejahatan terjadi di dunia online yang sekarang ini marak terjadi. Salah satu kejahatan dalam dunia maya adalah kejahatan yang dilakukan oleh hacker atau peretas. 

Apabila Anda tidak berhati-hati dalam menggunakan internet banking ini, maka rekening Anda bisa dibobol oleh para pelaku kejahatan internet. Untuk menghindari hal tersebut, maka ada baiknya memperhatikan beberapa tips dalam menjaga keamanan transaksi Anda.

Tips Aman Transaksi dengan Internet Banking

Mau tidak mau kita juga harus selalu mengikuti kemajuan zaman jika tidak mau ketinggalan, karena saat ini semua perlu cepat dan mudah, namun juga anda kekurananya, untuk mengantisipasi kejadian dan hal-hal yang tidak diinginkan ada baiknya untuk anda mengetahu Tips aman transaksi dengan Internet banking sebelum menggunakannya. 

  • Pertama-yang harus anda lakukan adalah jangan berikan nomer token kepada siapapun untuk menghindari penggunaan yang tidak bertanggung jawab. 
  • Kedua-pastikan situs yang dikunjungi sebagai trasaksi adalah situs bank terkait, jangan sampai anda login ke web phising. 
  • Ketiga-Sebelum mengunakan atau mengakses pastikan gadget mauapun PC anda tidak terkena infeksi virus tertentu.
  • Keempat-apabila mendapatkan email yang mengatakan bahwa rekening Anda diblokir atau hal apapun secepatnya untuk melapor ke pihak bank. Internet banking memang memudahkan urusan kita saat ini, namun pergunakanlah internet banking secara bijak dan berhati-hati demi keamanan anda sendiri.

Empat-Penting untuk dilakukan yaitu untuk selalu menggunakan Password/PIN Yang Kuat dan Ganti Secara Berkala. Hal ini sebenarnya berlaku untuk semua akun internet, namun karena internet banking terkait uang Anda maka tentu harus lebih ekstra hati-hati. 

Lima-Saking rumitnya membuat pasword terkadang bisa saja Anda lupa, namun jangan panik saat lupa Password/PIN akun bank Anda. Hal yang harus Anda lakukan ketika lupa password/PIN adalah menghubungi pihak bank untuk melakukan reset pasword. Jika memungkinkan segera kunjungi kantor bank terdekat saat jam kerja.

Ketahui Semua Kekurangan dan Kelebihannya

Semua hal diatas baik itu fitur, kelebihan dan kekurangan internet banking, jika Anda mampu pahami dengan baik tentu saja akan membuat layanan ini semakin mudah, aman, dan nyaman saat anda gukanan. Karena itu, perhatikan dengan baik, karena pada akhirnya semuanya kembali pada kehati-hatian anda sendiri sebagai nasabah yang menggunakan layanan internet bankingtersebut.



Demikianlah Artikel Internet Banking, Keuntungan dan Kelamahannya

Sekianlah artikel Internet Banking, Keuntungan dan Kelamahannya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Internet Banking, Keuntungan dan Kelamahannya dengan alamat link http://ayumasaki.blogspot.com/2016/11/internet-banking-keuntungan-dan.html
Internet Banking, Keuntungan dan Kelamahannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: rafi