Catatan Harian AYU yang dituangkan dalam Sebuah Blog. Terutama Pengalaman dalam keseharian termasuk informasi perbankan dan keuangan.

Thursday, November 24, 2016

Biaya Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menggunakannya

Biaya Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menggunakannya - Hallo sahabat Blog AYU., Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Biaya Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menggunakannya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel E-Banking, Artikel Kartu Kredit, Artikel Perbankan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Biaya Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menggunakannya
link : Biaya Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menggunakannya

Baca juga


Biaya Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menggunakannya

Biaya Kartu Kredit- Zaman serba janggih seperti sekrang ini semua perlu cepat, mudah dan simple dalam melakukan trasaksi, tidak perlu banyak membawa uang cash untuk berbelanja, jadi tidak berperlu takut hilang ataupun kecopetan dijalan, itu mungkin hanya beberapa saja dari sekian banyak kegunaan kartu kredit (credit card). Sebuah barang dengan bentuk kecil dan mudah dibawa zaman sekarang sudah sangat trend di zaman serba canggih, ya...Kartu kredit memang sudah banyak memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk bertransaksi, baik untuk melakukan pembayaran secara langsung atau melalui media online. Selain itu, dari pihak bank yang mengeluarkan kartu kredit juga seringkali memberikan penawaran menarik untuk memanjakan penggunanya, mulai dari diskon produk yang besar hingga bonus-bonus yang menguntungkan.

Banyak sekali keuntungan bisa didapat dengan menggunakan kartu kredit (credit card) namun sebagai pengguna kartu kredit tidak jarang belum mengenal mengenai administrasi yang ada pada kartu kredit, dan selalu menimbulkan pertanyaan terutama mengenai tagihan apa saja sebenarnya  dikenakan pada pengguna. Karena meskipun Anda membayar tagihan kartu kredit tepat waktu, kadangkala masih saja ada biaya tambahan yang dikenakan pada anda sehingga membuat anda binggung. Oleh karena untuk menjawab kebingungan dan tanda tanya di benak anda, sebaiknya baca dulu beberapa bentuk tagihan sebelum anda menggunakan kartu kredit.

Biaya Kartu Kredit biaya kartu kredit bca biaya kartu kredit mandiri biaya kartu kredit bri biaya kartu kredit bni biaya kartu kredit bank mega biaya kartu kredit cimb niaga biaya kartu kredit citibank biaya kartu kredit mega biaya kartu kredit tokopedia biaya kartu kredit uob biaya kartu kredit anz biaya kartu kredit bri touch biaya kartu kredit bca per tahun

Beberapa Bentuk Tagihan Biaya Kartu Kredit (Credit Card):

1. Biaya Tahunan
Biaya tahunan dalam menggunakan kartu kredit dibebankan ke dalam tagihan pertama saat Anda. Kemudian tagihan tersebut dibayar ketika Anda telah menggunakan kartu kredit selama 1 tahun. Biaya ini berbeda untuk setiap jenis kartu, seperti classic, gold, platinum, dan seterusnya. Besaran biaya tahunan yang dikenakan pun berbeda-beda tergantung bank yang menerbitkannya. Baca Artikel terkait Pengertian, Kelebihan dan Kelemahan Kartu Kredit Untuk Nasabah

2. Biaya Materai
Sebagai pengguna kartu kredit anda juga akan dikenakan biaya materai, seperti saat batas tertentu pemakaian kartu kredit, Anda akan dikenai biaya materai, walaupun nilainya tidak terlalu besar hanya sekitar Rp3.000,00 atau Rp6.000,00 saja, tergantung jumlah pembayaran tagihan yang diminta oleh bank. walaupun tidak terlelu besar tidak ada salahnya jika anda mengetahui terlebih dahulu sebelum menggunakan kartu kredit.

3. Biaya Keterlambatan
Untuk yang suka terlabat dalam membayar biasanya akan dikenakan denda, begitu juga dengan kartu kredit, anda juga akan dikenakan biaya keterlambatan jika Anda terlambat melakukan pembayaran sesuai batas waktu yang telah tentukan. Biasanya biaya keterlambatan (denda) dikenakan sekitar 3% dari total tagihan. Tapi ada juga dibeberapa penerbit kartu kredit yang menetapkannya dengan batas maksimum.

4. Biaya Bunga
Bila Anda membeli sebuah barang dengan sistem kredit, biasanya bank akan mengenakan sistem bunga sebagai pembayarannya. Untuk batasan biaya bunga kartu kredit ini diatur oleh Bank Indonesia dengan jumlah yang bisa berubah mengikuti kebijakan yang dikeluarkan. Jadi jika anda berbelanja dengan menggunakan kartu kredit jangan bingung jika dalam pembayarannya akan bertambah.

5. Biaya Kelebihan (over limit)
Bila anda dalam menggunakan kartu kredit melebihi batas limit yang sudah ditentukan, saat pembayarannya biasanya Anda akan kenakan biaya tambahan (denda), oleh karena itu anda harus mengotrol dalam penggunaannya jangan sampai over limit jika tidak mau terkena biaya tambahan.

6. Biaya Tarik Tunai
Seperti naik tunai menggunakan debit cart (ATM) anda biasanya akan dikenakan biaya penarikan, begitu juga bila anda melakukan penarikan uang tunai dengan kartu kredit juga akan dikenakan bunga antara 3-6% dari jumlah uang yang ditarik. Besar kecilnya bunga tergantung dari bank yang mengeluarkan kartu kredit. Jika ingin menggunakan fasilitas ini, sebaiknya Anda memilih bank dengan bunga tarik tunai yang lebih rendah untuk menghindari biaya tarik tunai yang besar..

7. Biaya Konversi Mata Uang Asing
Bagi yang memiliki hobi jalan-jalan atau memiliki urusan ke luar negeri, pengunaan kartu kredit sering menarik biaya untuk konversi mata uang asing. Hal yang sama pun berlaku jika Anda melakukan belanja online di situs luar negeri, sehingga anda akan dikenakan biaya konversi mata uang Asing. Namun, Biasanya pihak kartu kredit akan menawarkan nilai tukar mata uang dengan nilai yang bersaing. Sehingga, Anda tidak mengalami kerugian. Untuk itu, Anda perlu mencari tahu promosi yang berhubungan dengan biaya tersebut. 

8. Biaya Lambat Bayar
Jika Anda terlambat membayar tagihan, Anda akan dikenakan denda sebanyak 3% dari jumlah total tagihan. Jadi, pastikan untuk tidak telat dalam bayar tagihan kartu kredit setiap bulannya agar terhindar dari denda keterlambatan membayar, sehingga tagihan anda tidak membengkak nantinya.

 9. Biaya untuk Salinan Tagihan
Salinan tagihan pun menjadi beban yang perlu Anda bayar. Besarannya sekitar Rp5.000,00-Rp35.000,00. Itu pun tergantung jenis kartu kredit Anda. Untuk menyiasatinya, Anda dapat meminta salinan tagihan melalui surel (email).

10. Biaya Pembatalan Cicilan
Biaya ini dikenakan bila Anda melakukan pelunasan awal transaksi cicilan sebelum jangka waktu cicilan berakhir. dalam proses ini untuk besar biaya pembatalan cicilan ini juga berbeda untuk masing-masing penerbit kartu. 

11. Biaya Pengembalian Cek/Giro
Biaya ini dikenakan pada Anda jika Anda membayar tagihan kartu kredit dengan cek/giro yang harus diproses melalui kliring. Biasanya, dalam proses pembayaran kartu kredit dengan cek giro akan di kenakan biaya, untuk besaran biaya ini tergantung Bank yang mengeluarkan kartu kredit anda.

Setelah mengetahui apa saja biaya yang dikenakan pada kartu kredit, selanjutnya Anda perlu mempertimbangkan ulang untuk memiliki atau memperpanjangnya. Hitung biaya-biaya tagihan kartu kredit tersebut apakah sebanding dengan keuntungan yang Anda dapatkan.
Saran!!
Sebelum menggunakan kartu kredit, sebaiknya anda ketahui dulu Biaya-Biaya yang akan dekenakan kepada anda Agar Tidak Menyulitkan nantinya. Karena Dalam menggunakan kartu kredit, anda tidak cuma dibebankan biaya iuran bulanan saja. akan Tetapi ada juga sejumlah biaya lain yang sudah disebutkan di atas. Bagi yang belum siap secara finansial sebaiknya jangan menggunakan kartu kredit terlebih dahulu sebab ini akan memberatkan anda dalam pembayaran tagihannya.



Demikianlah Artikel Biaya Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menggunakannya

Sekianlah artikel Biaya Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menggunakannya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Biaya Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menggunakannya dengan alamat link http://ayumasaki.blogspot.com/2016/11/biaya-kartu-kredit-yang-perlu-anda.html
Biaya Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menggunakannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: rafi