Catatan Harian AYU yang dituangkan dalam Sebuah Blog. Terutama Pengalaman dalam keseharian termasuk informasi perbankan dan keuangan.

Tuesday, January 10, 2017

Syarat dan Cara Meminjam Uang di Bank Perorangan

Syarat dan Cara Meminjam Uang di Bank Perorangan - Hallo sahabat Blog AYU., Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Syarat dan Cara Meminjam Uang di Bank Perorangan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kredit Bank, Artikel Perbankan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Syarat dan Cara Meminjam Uang di Bank Perorangan
link : Syarat dan Cara Meminjam Uang di Bank Perorangan

Baca juga


Syarat dan Cara Meminjam Uang di Bank Perorangan

Syarat dan Cara Meminjam Uang di Bank – Dapat dikatakan bahwa bank merupakan lembaga/badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan menyalurkan dana tersebut kepada masyarakat kembali, pengertian singkatnya bank dapat dikatakan sebagai badan usaha simpan-pinjam. Sudah sangat lazim jika masyarakat menggunakan lembaga bank sebagai salah satu solusi untuk mendapatkan pinjaman/kredit (hutang) guna untuk kebutuhan mulai dari kebutuhan kredit usaha, kredit pribadi, ataupun kredit untuk keperluan lainnya.

Namun masalahnya tidak semua pengajuan kredit yang diajukan dapat disetujui oleh pihak bank, karena untuk menyetujui pinjaman (kredit) bank memiliki suatu kriteria penilaian tertentu untuk dapat memberikan pinjaman kepada calon debitur (peminjam). Dalam hal ini Bank yang notabene sebagai pihak pemberi pinjaman (kreditur), sudah sewajarnya untuk berhati-hati dalam memberikan pinjaman kepada calon kreditur. Selain karena faktor keuntungan, juga dikarenakan untuk memberikan stabilitas ekonomi nasional. Bank itu sangat terikat dengan peraturan pemerintah, jadi jangan terlalu menyalahkan bank jika bank sangat proteksi dalam memberikan pinjaman.

Anda bisa bayangkan ada berapa Bank di Indonesia, jika bank asal dalam memberikan pinjaman kepada debitur, nanti akan menimbulkan banyak kredit macet, karena peminjam tidak bisa kredit bank, akhirnya keuangan bank  yang kolep, sementara nasabah bank yang menyimpan uangnya di bank tersebut memiliki hak untuk kapan saja mengambil uangnya, oleh sebab itu pihak Bank menerapkan kehati-hatian dalam memeberi pinjaman (kredit)

Meminjam Uang di Bank  meminjam uang di bank syariah meminjam uang di bank bca meminjam uang di bank apakah riba meminjam uang di bank bri meminjam uang di bank mandiri meminjam uang di bank bni meminjam uang di bank dengan jaminan sertifikat

Jika bank-bank di Indonesia mengalami hal tersebut pemerintah dalam memberikan dana talangan pasti akan kesulitan, tentu ini akan menimbulkan efek domino, yang membuat stabilitas keuangan Negara terganggu, akhirnya terjadi krisis ekonomi. Tahu kan sekarang kenapa pihak bank sangat ketat dan teliti dalam memberikan pinjaman kepada calon kreditur. Oleh sebab itu, untuk dapat meminjam uang di bank, sebaiknya anda perlu tahu dulu bagaimana syarat dan cara meminjam uang di bank, Sebelum anda memutuskan untuk datang ke bank, setidaknya anda sudah mempersiapkan diri dulu apa yang anda butuhkan nantinya.

Sebenarnya syarat dan caranya meminjam uang di bank itu tidak terlalu sulit, yang penting syaratnya terpenuhi, singkatnya, pada dasarnya penilaian bank tersebut untuk melihat apakah anda pantas dan layak untuk di berikan pinjaman atau tidak. Saya sendiri yakin bahwa anda adalah orang yang layak untuk diberikan pinjaman oleh bank,yang penting tujuan anda positif dan realistis  dan memenuhi syarat lainnya, kemungkinan besar bank akan menilai bahwa anda pantas untuk menerima pinjaman yang akan anda ajukan.

Untuk mengetahui syarat dan cara meminjam uang di bank, Bisa anda baca dibawah ini agar lebih faham terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk meminjam di bank, perlu anda tahu syarat meminjam di bank di bagi menjadi dua yaitu perorangan dan Badan Usaha, namun kali ini yang akan dibahas mengenai pinjaman uang di Bank perorangan.

Syarat Meminjam Uang di Bank Untuk Orang Perorangan

Bagi anda yang akan memutuskan untuk meinjam atau mengajukan pinjaman di bank, sebaiknya sebelumnya anda persiapkan terlebih dahulu persyaratannya. Adapun syarat mengajukan pinjaman di bank point-point bisa anda baca dibawah. Nantinya dalam hal pinjaman perorangan akan dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu sebagai wirausahawan, professional, dan karyawan.

Syarat-syarat

1. Persiapkan Foto Copy Kartu Identitas diri (KTP/SIM/PASPOR). Jika tempat tinggal anda saat ini tidak sesuai dengan alamat yang ada di kartu identitas, maka diperlukan surat keterangan dari kelurahan tempat tinggal anda,alamat saat anda mengajukan pinjaman. Bagi anda yang sudah menikah, biasanya juga diperlukan juga foto copy kartu identitas dari pasangannya.

2. Persipakan Foto Copy Kartu Keluarga, kartu keluarga Ini dibutuhkan oleh bank untuk mengetahui jumlah tanggungan anda, selain diri anda sendiri dan pasangan anda tentunya.

3. Persipakan juga Foto Copy Akte Nikah, Syarat ini hanya untuk yang sudah menikah saja, akte nikah diperlukan untuk mengetahui pembagian harta dalam pernikahan. Jika setelah pernikahan harta menjadi milik bersama maka diperlukan persetujuan kedua belah pihak yaitu antara suamidan istri, namu jika harta terpisah maka bank akan meminta salinan dari surat perjanjiannya (perjanjian pisah harta).    

4. Persiapkan Foto Copy Slip Gaji jika anda seorang karyawan. Karena Slip gaji berguna untuk memberi bukti bahwa anda (calon debitur) benar-benar memiliki pekerjaan dan gaji seperti yang dikatakan. Syarat ini tentunya khusus hanya diperuntukan bagi orang pribadi yang bekerja di perusahaan swasta atau di instansi pemerintah saja.

6. Persipakan Foto Copy Buku Tabungan/rekening anda. syarat peminjaman orang pribadi juga di mintai foto copy paling tidak ini akan dilihat paling tidak dalam kurun tiga bulan terakhir.

8. Persiapkan Jaminan yang diminta oleh bank paling tidak nilainya diatas nilai pinjaman yang ingi anda ajukan, dengan menggunakan jaminan biasanya pinjaman anda akan lebih mudah diterima oleh pihak Bank. 

Cara Meminjam Uang di Bank

Untuk cara meminjam uang di bank sebenarnya sangat mudah, setelah anda menyiapkan dan memenuhi semua persyaratannya, karena sebenarnya yang menghambat anda dalam memperoleh pinjaman dari bank adalah persyaratannya, khususnya dalam hal menyiapkan jaminannya itu sendiri seperti yang disebutkan dalam persyaratan Meminjam uang dibank tadi. Namun jika saat ini anda sudah siap dengan persyaratan tersebut, baru anda bisa melakukan langkah-langkah berikut cara meminjam uang di bank:

Silahkan anda tentukan mana bank yang akan anda Pilih Bank untuk mengajukan pinjaman. Setelah anda menentukan bank apa yang akan anda pilih, kemudian silahkan anda datangi bank tersebut dengan membawa berkas-berkas yang dibutuhkan tadi, ketika nanti anda masuk ke bank, nanti anda akan ditanya keperluannya oleh satpam atau pihak lain. Anda akan di arahkan ke customer service yang akan menjelaskan kepada anda mengenai tatacaranya di bank tersebut.

Kemudian oleh customer service anda akan diarahkan pada bagian kredit di bank tersebut. Oleh bagian kredit anda tentunya akan diajukan pertanyaan-pertanyaan seputar tujuan anda mengajukan kredit, dan kemudian setelah itu anda akan dimintai berkas yang dibutuhkan untuk persyratan pinjaman (kredit). Biasanya Setelah anda memenuhi berkas yang dibutuhkan, anda akan diminta untuk menunggu beberapa hari agar pihak bank dapat menganalisis dan mempelajari berkas anda guna menilai apakah anda layak atau tidak untuk diberikan pinjaman (kredit). Silahkan baca Tips Agar Pengajuan Kredit Anda Diterima Oleh Bank.

Setelah itu anda hanya perlu menunggu panggilan dalam hal ini anda menunggu hingga pihak bank memberikan konformasi yang biasanya akan menghubungi anda melalui telepon atau kontak lainnya yang anda berikan perihal apakah pengajuan pinjaman yang anda lakukan diterima atau ditolak. yang perlu anda lakukan dalam menunggu konfirmasi atau panggilan dari pihak bank ya cukup berdoa saja supaya pengajuan anda diterima. Jika semua sudah anda penuhi yakinlah pihak bank akan menerima pengajuan kredit/pinjaman anda.

Itulah syarat dan cara meminjam uang di bank, Perorangan, Semoga informasi seputar syarat dan cara meminjam uang di bank dalam artikel ini dapat membantu anda, terutama bagi anda yang akan mengajukan pinjaman di bank, semoga pengajuan pinjaman yang anda lakukan dapat diterima dan lancar.



Demikianlah Artikel Syarat dan Cara Meminjam Uang di Bank Perorangan

Sekianlah artikel Syarat dan Cara Meminjam Uang di Bank Perorangan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Syarat dan Cara Meminjam Uang di Bank Perorangan dengan alamat link http://ayumasaki.blogspot.com/2017/01/syarat-dan-cara-meminjam-uang-di-bank.html
Syarat dan Cara Meminjam Uang di Bank Perorangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: rafi