Catatan Harian AYU yang dituangkan dalam Sebuah Blog. Terutama Pengalaman dalam keseharian termasuk informasi perbankan dan keuangan.

Thursday, January 19, 2017

Ini Pentingnya Harus Mengganti Pin ATM Anda Secara Berkala

Ini Pentingnya Harus Mengganti Pin ATM Anda Secara Berkala - Hallo sahabat Blog AYU., Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ini Pentingnya Harus Mengganti Pin ATM Anda Secara Berkala, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ATM, Artikel E-Banking, Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Ini Pentingnya Harus Mengganti Pin ATM Anda Secara Berkala
link : Ini Pentingnya Harus Mengganti Pin ATM Anda Secara Berkala

Baca juga


Ini Pentingnya Harus Mengganti Pin ATM Anda Secara Berkala

ATM atau Automatic Teller Machine Atau  Anjungan Tunai  Mandiri adalah fasilitas dari perbankan dimana anda dapat menarik uang tunai ataupun menyetor uang tunai tanpa anda harus dating langsung ke bank yang bersangkutan. Untuk dapat mengakses ATM ini baik itu kartu debit ataupun kartu kredit diperlukan pin (personal identification number). Namun tahukah anda kalau adas ebuah bahaya menghadang dibalik kemudahan bertransaksi di ATM ini?

Pernahkah anda mendengar di berita nasabah yang tiba-tiba kehilangan seluruh uangnya secara mendadak?  Mereka ini adalah korban kejahatan dengan modus Skimming, hingga seluruh data yang ada di dalamkartu ATM akan terdata sehingga pelaku dapat mengambil uang yang ada di dalamr ekening korban. Modus ini dilakukan dengan cara memasang skimmer di mesin ATM, sebuah alat kecil dan tipis yang dipasang di depan slot kartumesin ATM yang dapat merekam data data yang ada di dalam kartu yang anda gunakan. 

Alat ini biasanya tidak disadari oleh nasabah sehingga otomatis saat nasabah memasukkan kartu ATM ia sudah menjadi korban kejahatan skimmer. Selain itu pelaku juga memasang kamera pengawas tambahan di sekitar ATM yang berfungsi untuk merekam gerakan tangan anda saat memasukkan kode pin ATM anda. Setelah mereka mendapatkan seluruh data- data dan juga pin ATM anda, maka pelaku dengan cepat bias menguras semua saldo yang ada di dalam rekening korban.

Modus seperti ini bias dikatakan masihs angat sulit untuk dihindari karena selain dibutuhkan kejelian dan ketelitian saat berada di mesin ATM, salah satu kelemahan kartu ATM yang ada di Indonesia adalah masih menggunakan magnetic stripe atau pita magnetic yang berwarna hitam dan ada di bagian belakang kartu sebagai sarana penyimpanan data. Padahal kalau lebih bank bias lebih jeli lagi penggunaan kartu debit ATM yang menggunakan chip tingkat keamanannya akan lebih tinggi dibandingkan dengan magnetic stripe, inilah mengapa sekarang kebanyakan kartu kredit sudah menggunakan chip untuk keamanan penggunanya.


Inilah alas an utama kenapa harus mengganti pin ATM secara berkala

PIN (Personal Identification Number) berisikan password penting untuk melindungi keamanan dana nasabah di rekening bank. Dengan mengganti password secara berkala nasabah akan merasa nyaman dan aman saat melakukan berbagai transaksi perbankan. Dari pihak bank sendiri juga sudah memberikan sosialiasi untuk rutin mengganti pin ATM secara berkala untuk keamanan nasabah itu sendiri supaya terhindar dari modus kejahatan skimmer.

Melakukan penggantian pin ATM secara berkala adalah sebuah hal wajib yang mau tidak mau harus dilakukan oleh semua nasabah bank. Biasanya mereka yang enggan mengganti pin ATM secara berkala beralasan kalau penggantian pin ATM ini akan merepotkan, terutama bagi mereka yang sering lupa, jelas mengganti pin ATM secara berkala adalah sebuahp ermasalahan yang cukup serius. Tapi sayang mereka tidak sadar kalau kerepotan ini sendiri ditujukan untuk keamanan dana mereka sendiri dari resiko bobolnya rekening tabungan dari tangantangan yang tidak bertanggung jawab.

Apakah kejahatan di ATM hanya ini saja?

Tentu saja tidak, ada modus lain yang tidak kalah meresahkan, Modus kejahatan perbankan dengan menggunakan skimmer saat ini sudah mulai bisa diatasi beberapa bank dengan memasang ala ttambahan anti skimmer dan menyisir kamera-kamera pengawas yang bukan milik bank tersebut. Tindakan ini disebut-sebut bisa meminimalisir korban kejahatan skimmer, walaupun belum semua bank yang melakukannya. Selain skimmer modus kejahatan lainnya adalah dengan call center palsu yang tertempel di ATM. 

Modus yang biasanya digunakan pelaku adalah dengan mengganjal slot kartu ATM sehingga kartu terjepit didalamnya. Di kondisi yang sama, ada satu pelaku lainnya yang berpura-pura berada di tempat kejadian dan menyarankan untuk menelepon call center palsu yang stikernya ditempel di lokasi kejadian, bahkan tidak jarang mereka meminjamkan handphonenya supaya korban menelepon ke call center palsu tersebut untuk meminta bantuan.

Saat korban menelepon, secara tidak sadar korban akan digiring kedalam pembicaraan yang pada akhirnya meminta nomer pin ATM korban dengan dalih untuk mengecek kondisi rekening korban dan meminta korban untuk datangke bank keesokan harinya untuk mengambil ATM yang “terjepit” tadi. Disaat korban sudah pergi dari mesin ATM, pelaku yang ada di tempat kejadian segera mengambil kartu ATM yang terjepit tadi dan menguras habis isi rekening milik korban.




Perilaku sehat transaksi bikin hati nyaman

Segala macam resiko kejahatan perbankan pastilah bisa dihindari, disinilah arti pentingnya mengganti pin ATM secara berkala supaya anda bisa terhindar dari kejahatan skimmer. Alat skimmer ini bisa didapatkan dengan mudah di pasar gelap dengan harga yang cukup terjangkau, tidak sampai $500 para pelaku kejahatan bisa melakukan aksi kejahatan ini di kemudian hari. Bahkan mereka yang sudah expert dapat membuat alat ini dengan sangat mudah. Selain mengganti ATM  secara berkala anda bisa juga melakukan beberapa tindakan preventif supaya terhindar dari kejahatan ini, baik yang menggunakan skimmer ataupun call center palsu.

Selalu perhatikan tempat memasukkan slot kartumesin ATM

Kalau menemukan sesuatu yang aneh dan tidak biasa, jangan sekali-sekali menggunakan mesin ATM tersebut. Perhatikan baik-baik sekeliling anda, curigalah kalau ada kamera engawas yang mengarahkearah anda mengetik pin ATM, berhati-hatilah saatmenekan pin ATM jangan sampai ada yang tahu pin yang anda gunakan sekarang ini. Perhatikan lokasi ATM dimana anda akan mengambil uang terutama di malam hari. Hindari tempat-tempat sepi dan carilah ATM yang berada di dalam area bank karena lebih aman. Dan jangan terlalu sering ke ATM yang sama karena anda tidak tahu siapa orang di luar sana yang memperhatikan anda setiap harinya. Catatlah nomer call center bank anda, jangan hiraukan nomer call center lain selain nomer call center resmi.

Selalu periksa saldo rekening anda secara teratur

Terutama setelah anda keluar dari ATM, inilah pentingnya anda mempunyai internet banking ataupun sms banking yang membuat anda bisa mengetahui saldo rekening anda setiap saat. Anda juga bisa mengetahui dengan segera kalau ada transaksi yang aneh dan tidak lazim. Kalau anda adalah pengguna kartu kredit,  mintalah supaya tagihan anda dikirim dalam bentuk surat elektronik untuk menghindari kejahatan kartu kredit. Saat anda memasuki ATM, perhatikan dengan seksama kondisi ATM yang anda datangi. Cek slot kartu yang sering kali digunakan pelaku kejahatan skimmer. 

Pastikan tidak ada yang aneh disana

dan pastikan tidak ada yang aneh saat anda memasukkan kartu kedalam mesin ATM. Kalau anda merasakan hal yang aneh saat memasukkan kartu kedalam mesin ATM, jangan sekali-sekali memasukkan pin ATM dan segeralah membatalkan transaksi anda.



Demikianlah Artikel Ini Pentingnya Harus Mengganti Pin ATM Anda Secara Berkala

Sekianlah artikel Ini Pentingnya Harus Mengganti Pin ATM Anda Secara Berkala kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ini Pentingnya Harus Mengganti Pin ATM Anda Secara Berkala dengan alamat link http://ayumasaki.blogspot.com/2017/01/ini-pentingnya-harus-mengganti-pin-atm.html
Ini Pentingnya Harus Mengganti Pin ATM Anda Secara Berkala Rating: 4.5 Diposkan Oleh: rafi