Catatan Harian AYU yang dituangkan dalam Sebuah Blog. Terutama Pengalaman dalam keseharian termasuk informasi perbankan dan keuangan.

Saturday, December 10, 2016

Pengertian Bank Sentral dan Fungsinya

Pengertian Bank Sentral dan Fungsinya - Hallo sahabat Blog AYU., Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Bank Sentral dan Fungsinya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Perbankan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Pengertian Bank Sentral dan Fungsinya
link : Pengertian Bank Sentral dan Fungsinya

Baca juga


Pengertian Bank Sentral dan Fungsinya

Bank sentral di suatu negara, pada umumnya adalah sebuah instansi yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter di wilayah negara tersebut. Bank Sentral berusaha untuk menjaga stabilitas nilai mata uang, stabilitas sektor perbankan, dan sistem finansial secara keseluruhan. Untuk di Indonesia sendiri fungsi bank sentral diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

Jadi pengertian Bank sentral adalah suatu institusi yang bertanggung jawab untuk menjaga stabilitas harga atau nilai suatu mata uang yang berlaku di suatu negara, yang dalam hal ini dikenal dengan istilah inflasi atau naiknya harga-harga yang dalam arti lain turunnya suatu nilai uang. Bank Sentral berperan penting menjaga agar tingkat inflasi bisa terkendali dan selalu berada pada nilai yang serendah mungkin atau pada posisi yang optimal bagi perekonomian (low/zero inflation), dengan mengontrol keseimbangan jumlah uang dan barang. 

fungsi dan peranan bank sentral adalah fungsi bank sentral dan bank umum fungsi utama bank sentral dan bank umum sebutkan fungsi bank sentral dan bank umum fungsi bank sentral umum syariah dan bpr tugas dan fungsi bank sentral dan bank umum jelaskan fungsi bank sentral bank umum dan bpr pengertian dan fungsi bank sentral dan bank umum fungsi dan peranan bank sentral dan bank umum fungsi dan peran bank sentral dan bank umum fungsi dan tujuan bank sentral dan bank umum fungsi dan contoh bank sentral fungsi bank sentral dan intervensinya dalam penentuan nilai tukar uang peran dan fungsi bank sentral dalam perekonomian negara

Apabila jumlah uang yang beredar di Negara yang bersangkutan terlalu banyak maka bank sentral akan mengambi kebijakan dengan menggunakan instrumen dan otoritas yang dimilikinya. Adapun fungsi dan peran bank sentral sendiri secara umum adalah bank yang merupakan pusat struktur moneter dan perbankan di negara yang bersangkutan dan yang melaksanakan (sejauh dapat dilaksanakan dan untuk kepentingan ekonomi nasional) untuk lebih jelas fungsi-fungsi dari bank sentral sebagai berikut:

Fungsi Bank Sentral
  1. Memperlancar lalu lintas pembayaran
  2. menciptakan uang kartal
  3. menyelenggarakan kliring antar bank umum.
  4. Sebagai bankir, agen dan penasehat pemerintah.
  5. Bank Sentral sebagai bankir :
  6. memelihara rekening pemerintah
  7. memberikan pinjaman sementara
  8. memberikan pinjaman khusus
  9. melaksanakan transaksi yang menyangkut jual beli valuta asing (valas)
  10. menerima pembayaran pajak
  11. membantu pembayaran pemerintah dari pusat ke daerah,
  12. membantu pengedaran surat berharga pemerintah
  13. mengumpulkan dan menganalisis data ekonomi
  14. Bank sentral sebagai agen dan penasehat pemerintah :
  15. mengadministrasi dan mengelola hutang nasional
  16. memberikan jasa pembayaran bunga atas hutang
  17. memberikan saran dan informasi mengenai keadaan pasar uang dan modal.
  18. Memelihara cadangan/cash reserve bank umum
  19. Memelihara cadangan devisa negara:
  20. internal reserve, untuk keperluan jumlah uang beredarb. eksternal reserve, untuk alat pernbayaran internasional
  21. Sebagai bankers bank dan lender of last resort,
  22. Mengawasi kredit
  23. Mengawasi bank (bank supervision):
  24. Prudential Supervision: pengawasan bank yang diarahkan agar individual bank dapat dijaga kelangsungan hidupnya sehingga kepentingan masyarakat dapat dilindungi.
  25. Monetary Supervision: menjaga nilai mata uang negara yang bersangkutan sehingga bank tersebut dapat menjadi penyangga kebijakan moneter maupun kebijakan ekonomi pemerintah lainnya.

Jika anda yang belum mengetahui Bank Apa saja yang ada di Indonesia bisa baca Daftar Bank di Indonesia Lengkap Dibagi Per Bagian agar bisa lebih faham perbedaan bank yang di kelompokan menurut bagian. nah Itulah sedikit gambaran informasi mengenai pengertian bank sentral dan fungsinya yang bisa anda ketahui, semoga info ini bermanfaat bagi yang sedang mencari pengetahuan mengenai Bank sentral.



Demikianlah Artikel Pengertian Bank Sentral dan Fungsinya

Sekianlah artikel Pengertian Bank Sentral dan Fungsinya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Bank Sentral dan Fungsinya dengan alamat link http://ayumasaki.blogspot.com/2016/12/pengertian-bank-sentral-dan-fungsinya.html
Pengertian Bank Sentral dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: rafi